PELANTIKAN BANTARA SMK BAITUSSALAM PEKALONGAN

PELANTIKAN BANTARA SMK BAITUSSALAM PEKALONGAN

Ambalan Syeh Yusuf dan Cut Nyak Dien gudep 02-013/02-014 pangkalan SMK Baitussalam.

Program Kerja ambalan di SMK Baitussalam sudah sampai di pelantikan Bantara untuk siswa/i kelas 10 yang sudah menyelesaikan SKU nya, jum’at dan sabtu(21-22/12/2023).

Sumber/dekdok :smk baitussalam.id

Kabarnya SKU yang di tanggu oleh para peserta calon dewan ambalan tak terasa sudah selesai di kerjakan dan diisi dengan paraf penguji.

Hari jumat hingga sabtu peserta menginap di sekolahan untuk melaksanakan kegiatan pelantikan Bantara yang di awali dengan apel pembukaan oleh kak Gudep SMK Baitussalam beliau adalah Pak Agung Dharmawan S.Pd.i., dan dilanjut dengan koreksi perkap peserta.

Saat sore hari para peserta yang sudah di kelompokan harus uji TKK memasak dengan tema empat sehat lima sempurna, dan kelompok masing-masing memasak sesuai tema yang di tentukan.

Saat malam hari terdapat tradisi pendadaran, pendadaran adalah membantu para pedagang dengan tujuan untuk membantu menyukseskan dengan keiklasan para peserta,dimana para peserta di bagi ada yang 1 sampai 2 orang yang di tugaskan datang ke pedagang-pedagang terdekat yang sebelumnya sudah meminta perizinan terlebih dahulu seperti di daerah Landung sari, Kuripan dan Pringlangu.

Se-usai kegiatan tersebut para peserta di jemput oleh panitia dan setiap peserta pasti membawa sebuah imbalan yang di berikan oleh masing-masing pedagang sebagaimana peserta membantu seperti magang walaupun tidak mengharapkannya, adapun salah satu peserta tidak mendapat imbalan, karena sebagaimana peserta datang memang berniat membantu dengan ikhlas, jadi itu tidak mengurangi semangat peserta untuk saling membantu.

Sepulang dari masing-masing pedagang, para peserta kembali ke pangkalan untuk melaksanakan upacara api unggun, sangat tidak mungkin di sekolahan melakukan upacara api unggun bisa-bisa heboh masuk Pekalongan_info.

Tidak perlu khawatir karna Dewan ambalan mempunyai inovasi berupa mengganti bambu menggunakan lilin dan di letakan di tempat khusus,se-usai upacara api dharma di lanjut dengan coffe break dan ngobrol santai.

Keesokan harinya sabtu(22/10/2023)tepatnya pukul 1.00 pagi para peserta di bangunkan oleh panitia dan di tugaskan untuk melewati rintangan syarat menjadi Penegak Bantara hingga pukul 4.30 para peserta di lantik dan di resmikan menjadi Penegak Bantara. Tak usai di waktu itu saja namun peserta harus melakukan kegiatan selanjutnya yaitu foto bersama, membersihkan ruangan dan apel penutupan.

Sekian berita yang dapat saya sampaikan,kurang lebihnya mohon maaf salam pramuka ⚜️

Jurnalis : Audia sekar

Editor: Nasa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *