EKSTRAKURIKULER PRAMUKA MAN 1 KOTA PEKALONGAN DENGAN MATERI SEMAPHORE

EKSTRAKURIKULER PRAMUKA MAN 1 KOTA PEKALONGAN DENGAN MATERI SEMAPHORE

Pada hari Jumat, 2 Februari 2024. Ekstrakurikuler Pramuka kali ini diisi dengan Materi Semaphore di lapangan basket MAN 1 Kota Pekalongan. Penyampaian materi Semaphore ini untuk bekal ilmu kepada para anggota pramuka sebagai alat pengganti komunikasi apabila berada diwilayah yang susah sinyal atau mempelajari bagaimana cara tetap dapat berkomunikasi walaupun jangkauan jarak jauh.

Cara penyampaian materi, peserta dibagi 2 karena apabila dijadikan 1 dengan jumlah peserta yang banyak memungkinkan ada beberapa peserta yang akan mengabaikannya, maka dari itu peserta dibagi menjadi 2 dengan pembagian kelas X 1-6 berada di sebelah kiri lapangan dan kelas X 7-12 berada di kanan lapangan.

sumber: Dewan Ambalan


Para peserta diberikan banyak hal diantaranya manfaat, tujuan dan cara penggunaan semaphore dengan baik dan benar itu bagaimana. Setelah penyampaian materi, diisi game yaitu tebak gaya isyarat bendera (peserta menebak kalimat atau kata apa yang sedang diperagakan menggunakan bendera semaphore) dan tebak kata (peserta diberikan soal kemudian ketika menjawab menggunakan bendera semaphore).

Apabila dapat menebak dan menjawab maka akan diberi hadiah diantaranya ada ice cream, uang, dan jajan yang lain. Tujuannya untuk memberikan reward kepada peserta agar tetap semangat dalam mengikuti ekstrakurikuler Pramuka dan juga suatu penghargaan karena berani dan mau berusaha untuk menemukan jawabanya.

Jurnalis: Riskhotul Khusna

Editor: Nasa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *