KETUA KWARCAB KOTA PEKALONGAN MENUTUP KEGIATAN GT UBALOKA KE-III KWARCAB KOTA PEKALONGAN

KETUA KWARCAB KOTA PEKALONGAN MENUTUP KEGIATAN GT UBALOKA KE-III KWARCAB KOTA PEKALONGAN

PRAMUKA KOTA PEKALONGAN – Gerakan Pramuka khususnya Kwartir Daerah Jawa Tengah memiliki Unit Kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dengan nama Unit Bantu Pertolongan Pramuka (UBALOKA) yang bergerak dalam bidang penanggulangan bencana dan kemanusiaan sebagaimana dalam Surat Keputusan Kwartir Daerah Jawa Tengah Nomor 069 Tahun 2019 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Unit Bantu Pertolongan Pramuka (UBALOKA), serta secara teknis dan administrasi Unit Bantu pengembangan keanggotaan Unit Pertolongan Pramuka (UBALOKA) diselenggarakan pada setiap Kwartir Cabang se-Jawa Tengah.

Kwartir Cabang Kota Pekalongan melalui Dewan Kerja Cabang (DKC) Kota Pekalongan telah membentuk Unit Bantu Pertolongan Pramuka (UBALOKA) sebagai wadah untuk menyalurkan, mengarahkan, membina dan mengembangkan potensi Gerakan Pramuka khususnya bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega berpangkalan di jenjang pendidikan menengah atas dan pendidikan tinggi di Kota Pekalongan yang memiliki minat dan berkemampuan dalam usaha pertolongan dan tugas-tugas kemanusiaan lainnya.

GT Ubaloka III Kwartir Cabang Kota Pekalongan Tahun 2021 telah dilaksanakan sejak tanggal 23 Oktober s.d. 28 Oktober 2021 yang diikuti oleh 23 Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Kota Pekalongan dan sekitarnya. Kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk pelatihan 40% teori dan 60% praktik yang telah berlangsung selama lima tersebut berakhir pada tanggal 28 Oktober 2021.

GT Ubaloka Kwartir Cabang Kota Pekalongan terakhir kali dilaksanakan pada tahun 2006, dan baru saat ini pada tahun 2021 kembali dilaksanakan sebagai wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Kota Pekalongan. Serta penutupan kegiatan GT Ubaloka III Kwartir Cabang Kota Pekalongan Tahun 2021 bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2021. Hal ini juga menandakan semangat juang dari pemuda untuk terus berkarya dan belajar untuk mendarmabaktikan diri kepada bangsa dan negara.

Kegiatan Penutupan kegiatan GT Ubaloka III Kwartir Cabang Kota Pekalongan Tahun 2021 yang dilaksanakan pada Kamis (28/20/2021) bertempat di Sanggar Bakti Pramuka Kota Pekalongan tersebut dihadiri oleh Ketua Kwarcab Kota Pekalongan, Wakil Ketua Bid. Humas dan Abdimas, Wakil Ketua Bid. Organisasi dan Hukum, Andalan Cabang Bidang Binamuda, Instruktur/Pemateri Kegiatan dan DKC Kota Pekalongan.

Pada akhir acara, Ketua Kwarcab Kota Pekalongan bersama Peserta GT Ubaloka III Kwartir Cabang Kota Pekalongan Tahun 2021 melaksanakan yel-yel sebagai bentuk semangat generasi muda untuk terus meningkatkan kecakapan dan motivasi diri untuk terus siap “Pramuka Berbakti Tanpa Henti” sebagaimana Slogan 60 Tahun Gerakan Pramuka dalam rangka menggiatkan potensi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam usaha pertolongan dan tugas-tugas kemanusiaan lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *