Aktifkan Kembali Gerakan Pramuka, Kwarda Jawa Tengah Gelar Dianpinru

Aktifkan Kembali Gerakan Pramuka, Kwarda Jawa Tengah Gelar Dianpinru

Pekalongan-jurnalphona.com Anggota Gerakan Pramuka Penggalang Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah mengikuti kegiatan Gladian Pemimpin Regu (Dianpinru) di Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Pekalongan berlokasi di SMP Islam Pekalongan. Jumat, (15/10).

Dianpinru adalah pertemuan Pramuka Penggalang bagi Pemimpin Regu Utama (Pratama), Pemimpin Regu (Pinru) dan Wakil Pemimpin Regu (Wapinru) Penggalang, yang ditujukan untuk melatih Pemimpin Regu (Pinru) dan Wakil Pemimpin Regu (Wapinru).

Kegiatan Dianpinru ini diikuti 120 peserta yang berasal dari seluruh perwakilan gugus depan SD-SMP di setiap masing-masing kwartir ranting se-Kwarcab Kota Pekalongan. Kegiatan ini difasilitasi oleh Kwartir Daerah Jawa Tengah, dilaksanakan dua tahap yang masing-masing selama lima hari. Pelaksanaan yang bertempat di SMP Islam ini merupakan tahap kedua dari program Kwartir Daerah.

Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Hukum Kwartir Cabang Kota Pekalongan Aris Supriyanto menuturkan Kegiatan ini bertujuan memberikan motivasi, pembekalan, serta pendidikan. Sesuai dengan UU Gerakan Pramuka Nomor 12 Tahun 2010 tentang Pendidikan Kepramukaan adalah proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup, dan akhlak mulia pramuka melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan. Acara ini juga terkoordinasi langsung oleh lembaga terpercaya.

“Kegiatan ini tidak hanya terfokus pada peserta. Jadi, seluruh kegiatan ini dibawah koordinasi Pusat Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka Tingkat Cabang (Pusdiklatcab) dan dibantu oleh empat Program Intensif Khusus (Pinsus), diharapkan sesuai UU no 12 tahun 2010 bisa menjadi motivasi dalam perkembangan pramuka,” ujar Aris Supriyanto.

Ia juga menambahkan, berbagai kesulitan muncul di tengah kondisi pandemi. Namun mereka akan mencoba menggerakkan kembali keaktifan dengan tidak meninggalkan protokol kesehatan dan melanggar aturan yang ada. Ia juga berharap pramuka Indonesia menjadi generasi yang tangguh, yang akan melanjutkan pembangunan bangsa dan negara Indonesia.

Alfina selaku peserta Dianpinru turut memberikan tanggapannya terkait kegiatan ini, ia mengaku antusias dalam mengikuti dan senang dapat berpartisipasi.

“Acaranya seru tetapi agak gugup, karena kita bertugas sebagai salah satu penggalang yang menampilkan bakat PBB,” Kata alfina.

Ia berharap dengan adanya kegiatan semacam ini, akan lebih banyak yang bergabung dalam pramuka dan turut serta memajukan pramuka Indonesia. (CB/SP).

Sumber : http://jurnalphona.com/blog/2021/10/16/aktifkan-kembali-gerakan-pramuka-kwarda-jawa-tengah-gelar-dianpinru/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *