KERJASAMA BIDANG HUMAS KWARCAB KOTA PEKALONGAN DENGAN RADIO KOTA BATIK 91.2 FM PEKALONGAN UNTUK MENSOSIALISASIKAN NILAI-NILAI KEPRAMUKAAN MELALUI DIALOG INTERAKTIF

KERJASAMA BIDANG HUMAS KWARCAB KOTA PEKALONGAN DENGAN RADIO KOTA BATIK 91.2 FM PEKALONGAN UNTUK MENSOSIALISASIKAN NILAI-NILAI KEPRAMUKAAN MELALUI DIALOG INTERAKTIF

PRAMUKA KOTA PEKALONGAN – Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Pekalongan terus berupaya mensosialisasikan kegiatan kepramukaan ditingkat cabang melalui sarana dukungan yang tersedia, salah satunya dengan dialog interaktif seputar pendidikan di Kota Pekalongan bersama LPPL Radio Kota Batik 91.2 FM Pekalongan pada hari Senin (14/06/2021) pukul 13.00 WIB s.d. 14.00 WIB.

Salah satu tema dalam dialog interaktif kali ini adalah tentang Peran dan Aksi Kepramukaan Kota Pekalongan melalui Unit Bantu Pertolongan Pramuka (UBALOKA) Kwarcab Kota Pekalongan dengan narasumber adalah Kak Sri Rochimatun (Ketua DKC Kota Pekalongan), Kak M. Hidayatullah (Sekretaris I DKC Kota Pekalongan dan Anggota Ubaloka) dan Kak Riki Tri Prasetya (Komandan Ubaloka Kota Pekalongan).

Bahwa perkembangan Gerakan Pramuka mengalami pasang surut dan pada kurun waktu tertentu kurang dirasakan penting oleh kaum muda. Akibatnya, pewarisan nilai-nilai yang terkandung dalam falsafah Pancasila dalam pembentukan kepribadian kaum muda yang merupakan inti dari pendidikan kepramukaan tidak optimal. Pada waktu yang bersamaan dalam tatanan dunia global bangsa dan negara membutuhkan kaum muda yang memiliki rasa cinta tanah air, kepribadian yang kuat dan tangguh, rasa kesetiakawanan sosial, kejujuran, sikap toleransi, kemampuan bekerja sama, rasa tanggung jawab, serta kedisiplinan untuk membela dan membangun bangsa.

Dengan menyadari permasalahan tersebut, maka upaya pencanaangan Revitalisasi Gerakan Pramuka di Kota Pekalongan menjadi momentum yang dirasakan sangat penting dalam upaya pembangunan kepribadian generasi muda di Kota Pekalongan yang sangat diperlukan dalam menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan zaman.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Kwartir Cabang Kota Pekalongan adalah dengan meningkatkan peran Komunikasi Strategis Kepramukaan untuk menyebarluaskan nilai-nilai kepramukaan sebagaimana yang termaksud dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, yaitu: keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa; kecintaan pada alam dan sesama manusia; kecintaan pada tanah air dan bangsa; kedisiplinan, keberanian, dan kesetiaan; tolong-menolong; bertanggung jawab dan dapat dipercaya; jernih dalam berpikir, berkata, dan berbuat; hemat, cermat, dan bersahaja; dan rajin dan terampil.

Dalam kesempatan lainnya, Kak Nurul Indrawati, S.H., M.H. selaku Andalan Cabang urusan Humas, Dokumentasi, dan Komunikasi Strategis Kwarcab Kota Pekalongan akan terus berupaya mengemas nilai-nilai kepramukaan yang terkadung di gerakan pramuka agar dapat lebih mudah dipahami dan komunikatif bagi anak milenial saat ini. Sehingga akan banyak anak muda yang dapat menangkap maksud dan tujuan dari sebuah kegiatan kepramukaan.

Dalam dialog interaktif kali ini dipandu oleh Kak Tri Handayani sebagai penyiar Radio Kota Batik 91.2 FM bersama 3 (tiga) narasumber dari Gerakan Pramuka telah berjalan dengan baik. Ke depan berbagai kegiatan kepramukaan sebagai salah satu pilar pendidikan karakter di Kota Pekalongan akan terus digiatkan sehingga dapat tercapai pembangunan kapasitas kepemudaan di Kota Pekalongan.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *