Pilih Ketua Baru, Muscab Kwarcab Kota Pekalongan dibuka oleh Walikota Pekalongan

Pilih Ketua Baru, Muscab Kwarcab Kota Pekalongan dibuka oleh Walikota Pekalongan

Pekalongan, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Pekalongan menggelar musyawarah cabang (Muscab) pada Senin (16/11), bertempat di Ruang Amarta Setda Kota Pekalongan. Muscab tersebut diikuti oleh unsur Kwartir Cabang, Kwartir Ranting, Majelis Pembimbing dan Satuan Karya.

Ketua Panitia Pelaksana Musyawarah Cabang Gerakan Pramuka Kota Pekalongan H. Aris Supriyanto, M.Pd. mengatakan maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut yakni guna menyusun rencana kerja Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Pekalongan tahun 2021-2025. Selain itu, Muscab juga untuk memilih Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Pekalongan Periode 2021 sampai dengan 2025 dan memilih Tim Formatur untuk menentukan andalan Kwartir Cabang Kota Pekalongan, Badan Kelengkapan Kwartir, dan Majelis Pembimbing Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Pekalongan masa bakti 2021-2025.

Kamabicab sekaligus Ka. Kwarcab H. M. Saelany Machfudz, S.E. yang hadir sekaligus membuka Muscab tersebut mengatakan musyawarah cabang tersebut merupakan forum tertinggi dalam Gerakan Pramuka di tingkat Kabupaten/kota. Oleh sebab itu, ia berpesan hendaknya seluruh peserta Muscab agar dapat mengikuti semua rangkaian ini dengan baik dan penuh keseriusan.

“Karena pada Muscab ini akan melahirkan pemimpin baru dan pengurus baru dengan program yang baru pula,” katanya.

Menurutnya, gerakan pramuka adalah organisasi yang luwes dan tidak memandang batasan usia sehingga merupakan media efektif untuk menempa generasi millenial untuk tumbuh dan mengembangkan dirinya secara optimal demi nusa dan bangsa.

Ia pun berharap adanya peran Pramuka dalam membantu penanggulangan pandemi Covid-19. “Saya meyakini bahwa gerakan Pramuka dapat menjadi solusi dalam hal menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan bela negara, terlebih di masa pandemi ini. Mengokohkan rasa nasionalisme dalam menghadapi pandemi ini sangat penting, karena untuk menghadapi pandemi covid-19 harus bersama-sama dalam kegotong-royongan,” tambahnya.

Perwakilan dari Kwarda Jawa Tengah yang hadir adalah Kak Agung Suparyoko, beliau menyampaikan “Kwarcab Kota Pekalongan perlu upaya bersama untuk meningkatkan kapasitas kwarcabnya minimal sejajar dengan kwarcab se-binwil Pekalongan dan mari kita dukung untuk pencapaian 50.000 Pramuka Garuda di Jawa Tengah”.

Dalam kesempatan ini pula, Kak Saelany Machfudz berkesempatan untuk melaunching website Pramuka Kota Pekalongan, harapannya informasi tentang kegiatan kepramukaan dapat disampaikan melalui internet dan disebarluaskan agar bisa diakses seluruh masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *