Gerakan Pramuka UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Menggelar Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) ke-13 untuk Meregenerasi Pembina Pramuka

Gerakan Pramuka UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Menggelar Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) ke-13 untuk Meregenerasi Pembina Pramuka

Pekalongan – Gerakan Pramuka UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan telah sukses menyelenggarakan Kursus Pembina Pramuka Mahir tingkat Dasar (KMD) yang ke-13. Pembukaan acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama, Kak Prof. Dr. H. Muhlisin, M.Ag. dan Sekretaris I Kwarcab Kota Pekalongan, Kak M. Amhar Azet, S.IP., S.H. Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi antara Gerakan Pramuka UIN Gus dur Pekalongan, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI) UIN Gus Dur dengan Kwarcab Kota Pekalongan melalui Pusdiklatcab. KMD XIII berlangsung dari tanggal 10 s.d. 14 Juli 2024. Jum’at, (19/07).

KMD XIII merupakan acara tahunan dari Gerakan Pramuka UIN Gus Dur Pekalongan, acara ini bertujuan untuk menciptakan pembina Pramuka yang mahir dan kompeten. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah UIN Gus Dur Pekalongan secara langsung memberikan 50 beasiswa bagi Mahasiswa Prodi PGMI yang ingin mengikuti KMD XIII.

Pembukaan berlangsung di Aula Fakultas Syariah UIN Gus Dur Pekalongan pada tanggal 10 Juli 2024. Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama, Kak Prof. Dr. H. Muhlisin, M.Ag. dan Sekretaris I Kwarcab Kota Pekalongan, Kak M. Amhar Azet, S.IP., S.H. turut menyaksikan jalannya rangkaian kegiatan pembukaan. Selain itu, turut hadir pula Ketua Program Studi PGMI Kak Juwita Rini H., M.Pd.

Kak Suko Wihono, selaku Ketua Racana Gerakan Pramuka UIN Gus Dur menyebutkan terdapat tiga elemen yang turut berpartisipasi dalam terselenggaranya acara ini.

“KMD tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kalau tahun sebelumnya kan kita mengadakan sendiri, nyari peserta sendiri. Untuk tahun ini kita bekerjasama dengan Prodi PGMI, sehingga dari kita tinggal menyiapkan acaranya sebaik mungkin, meskipun ada juga peserta yang dari Tegal. Kita juga bekerjasama dengan Kwarcab Kota Pekalongan, jadi Kwarcab yang nantinya akan mengirimkan pelatih-pelatih dari Pusdiklat.” Ujar Kak Suko

Dalam wawancaranya, Kak Isnaini Rosidah selaku Ketua Panitia mengucapkan bahwa acara ini berlangsung selama lima hari, dari tanggal 10 – 14 Juli 2024. Tempat yang digunakan hanya di sekitar kampus yaitu Gedung Fakultas Syariah, Gedung Perkuliahan Terpadu, dan Fakultas ushuluddin Adab dan Dakwah UIN Gus Dur Pekalongan.

“Ada beberapa tempat yang kami gunakan untuk KMD, dari Gedung Syariah, Gedung GPT, dan juga Gedung FUAD. Kebetulan juga perkuliahan sedang libur, jadi kita bisa memiliki banyak opsi”

Jurnalis: Hadi Subhan (Duta Humas Kwarcab Kota Pekalongan)

Editor: Nasa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *