KWARCAB KOTA PEKALONGAN AKAN MENYELENGGARAKAN PENILAIAN PRAMUKA GARUDA TAHUN 2022

KWARCAB KOTA PEKALONGAN AKAN MENYELENGGARAKAN PENILAIAN PRAMUKA GARUDA TAHUN 2022

Pembinaan generasi muda melalui pendidikan kepramukaan perlu adanya pola pembinaan yang terstruktur dan sistematis sesuai petunjuk penyelenggaraan yang berlaku. Pramuka Garuda ialah tingkatan tertinggi dalam setiap golongan pramuka (Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega) setelah peserta didik mengikuti pendidikan kepramukaan di masing-masing Gugus Depan. Pencapaian Syarat Pramuka Garuda merupakan salah satu indikator keberhasilan pelaksanaan pola dan mekanisme pembinaan di Gugus Depan sehingga dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas anggota pramuka sebagai bentuk Revitalisasi Gerakan Pramuka di Kota Pekalongan.

Pada Tahun 2019, Walikota Pekalongan selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Pekalongan telah mencanangkan “Gerakan Aku Bangga Menjadi Pramuka Garuda” bagi seluruh Peserta Didik Kepramukaan, Pembina Pramuka dan Pimpinan Gugus Depan untuk meningkatkan upaya ketercapaian Pramuka Garuda bagi Peserta Didik Kepramukaan di Kota Pekalongan. Pencanangan ini juga didampingi oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XIII Dindikbud Provinsi Jawa Tengah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pekalongan, Rektor Universitas Pekalongan, Rektor IAIN Pekalongan dan Ketua Kwarcab Kota Pekalongan yang diselenggarakan pada rangkaian Upacara Pengukuhan Pramuka Garuda Kwarcab Kota Pekalongan Tahun 2019.

Selanjutnya pada Tahun 2022 ini, komitmen “Gerakan Aku Bangga Menjadi Pramuka Garuda” akan dicanangkan kembali dengan upaya ketercapaian minimal 2 (dua) Peserta Didik Kepramukaan menjadi Pramuka Garuda pada setiap Pangkalan Gugus Depan, terutama Pangkalan yang berada di Satuan Pendidikan Jenjang SMP/MTs, SMA/SMK/MA, dan pada Gugus Depan Pangkalan Perguruan Tinggi di Kota Pekalongan.

Sekretaris I Kwarcab Kota Pekalongan, Kak Azet, menyampaikan bahwa Penilaian Pramuka Garuda merupakan program rutin Kwarcab Kota Pekalongan setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan pencapaian Pramuka Garuda menjadi program prioritas Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Tengah untuk menilai keberhasilan penyelenggaraan pendidikan kepramukaan pada satuan pendidikan. Sehingga Kwarcab Kota Pekalongan selalu berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam penyelenggaraan Penilaian Pramuka Garuda.

Kegiatan Penilaian Pramuka Garuda kali ini akan diselenggarakan secara bertahap selama bulan September s.d. November 2022 bagi Pramuka Penggalang Terap, Pramuka Penegak Laksana dan Pramuka Pandega di Kota Pekalongan.

Informasi lebih lanjut dapat dilihat pada https://kotapekalongan.pramukajateng.or.id/penilaian-pg-2022/.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *