21 ANGGOTA PRAMUKA PENEGAK DAN PANDEGA DINYATAKAN LULUS PEMBREVETAN UBALOKA KWARCAB KOTA PEKALONGAN

21 ANGGOTA PRAMUKA PENEGAK DAN PANDEGA DINYATAKAN LULUS PEMBREVETAN UBALOKA KWARCAB KOTA PEKALONGAN

PRAMUKA KOTA PEKALONGAN – Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Pekalongan telah menyelenggarakan serangkaian kegiatan Gladi Tangguh (GT) Ubaloka Angkatan III Tahun 2021 silam. Selanjutnya pada hari Sabtu s.d. Minggu (22-23 Januari 2022) telah diselenggarakan Pembrevetan Ubaloka Kwarcab Kota Pekalongan bertempat di Hutan Kota Yosorejo dan Halaman SMP N 4 Pekalongan.

Ubaloka merupaka akronim dari Unit Bantu Pertolongan Pramuka merupakan wadah pembinaan guna menampung anggota Gerakan Pramuka yang berminat dan berkemampuan dibidang pertolongan dan tugas – tugas kemanusiaan serta pelestarian alam sebagai wujud nyata pelaksanaan Tri Satya dan Dasa Darma yaitu menolong sesama hidup yang didasari rasa cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.

Pada kesempatan pembrevetan kali ini, terdapat sebanyak 21 Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Kwarcab Kota Pekalongan yang telah mengikuti kegiatan pembrevetan dengan baik dan keseluruhan telah dinyatakan lulus dan berhak mengenakan Brevet Ubaloka serta dikukuhkan menjadi keluarga besar Ubaloka Kwarda Jawa Tengah.

Kak Riki Tri Prasetiyo selaku Komandan Ubaloka Kota Pekalongan menyampaikan bahwa pembrevetan ini merupakan pintu gerbang untuk rekan-rekan Anggota Ubaloka membaktikan diri lebih banyak dan luas lagi bagi pengabdian masyarakat melalui Gerakan Pramuka. Pada brevet Ubaloka terdapat amsal dari Ubaloka Kwartir Daerah Jawa Tengah adalah “Yuana Pratidina Bhakti Yojana”. Keseluruhan arti dari Yuana Pratidina Bhakti Yojana adalah bahwa anggota Ubaloka Kwartir Daerah Jawa Tengah dimanapun, kapanpun dan dalam kondisi apapun selalu siap sedia memberikan pertolongan kemanusiaan untuk Gerakan Pramuka, masyarakat dan negara di wilayah Indonesia dengan tidak memandang asal usulnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *