2 ANGGOTA UBALOKA KOTA PEKALONGAN MENGIKUTI KEGIATAN GLADI MANTAP MOUNTAIN RESCUE KWARDA JAWA TENGAH TAHUN 2021

2 ANGGOTA UBALOKA KOTA PEKALONGAN MENGIKUTI KEGIATAN GLADI MANTAP MOUNTAIN RESCUE KWARDA JAWA TENGAH TAHUN 2021

PRAMUKA KOTA PEKALONGAN – Kwarcab Kota Pekalongan pada kesempatan kali ini berpartisipasi pada kegiatan “Gladi Mantap Ubaloka Mountain Rescue Kwartir Daerah Jawa Tengah Tahun 2021”. Kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 17 s.d. 25 November 2021 ini mengambil tema “Gunung Menjulang Bukan Halangan, Jurang Menerjal Tak Jadi Pepalang” menjadi pemacu semangat bagi Anggota Unit Bantu Pertolongan Pramuka (Ubaloka) yang mengikuti kegiatan tersebut.

Kegiatan Gladi Mantap Ubaloka Mountain Rescue Kwartir Daerah Jawa Tengah Tahun 2021 berisi materi dan simulasi dengan total 72 jam pelajaran. Adapun materi kegiatan yang akan disampaikan meliputi Substansi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan; Pertolongan pertama (first aid); Navigasi Darat; Teknik Pencarian; Survival; Pengetahuan Perlengkapan Pakaian dan Makanan; Komunikasi SAR; Evakuasi; Tandu Darurat; Kegunung Apian dan Gas Beracun dan Pembinaan Fisik.

Peserta Gladi Mantap Ubaloka Mountain Rescue Kwartir Daerah Jawa Tengah Tahun 2021 adalah Anggota Pramuka Penegak dan Pandega Putra atau Putri yang telah lulus Gladi Tangguh Ubaloka dibuktikan dengan sertifikat Gladi Tangguh Ubaloka dari Perutusan masing-masing Kwartir Cabang se-Jawa Tengah, sehingga jumlah keseluruhan peserta adalah 40 orang.

Unit Bantu Pertolongan Pramuka (Ubaloka) Kwarcab Kota Pekalongan dalam kegiatan Gladi Mantap (GM) Mountain Rescue kali ini mengikutisertakan 2 (dua) anggotanya, yang terdiri dari 1 (satu) orang sebagai Peserta atas nama Ahmad Alfata Sa’bani (Pramuka Penegak dari SMK N 3 Pekalongan), dan 1 (satu) orang sebagai Sangga Kerja atas nama Riki Tri Prasetiyo (Komandan Ubaloka Kwarcab Kota Pekalongan).

Kak Sri Rochimatun selaku Ketua DKC Kota Pekalongan ketika dalam kesempatan khusus menyampaikan bahwa diharapkan bagi anggota Ubaloka Kota Pekalongan yang mengikuti kegiatan Gladi Mantap (GM) Mountain Rescue Kwarda Jawa Tengah tersebut untuk mengambil dan mencari pengalaman sebanyak-banyaknya, sehingga dapat menambah pengetahuan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega di Kota Pekalongan.

Dilain kesempatan, Ketua Kwarcab Kota Pekalongan berharap bagi Peserta kegiatan Gladi Mantap (GM) Mountain Rescue Kwarda Jawa Tengah Tahun 2021 tersebut untuk menjadikan keikutsertaan ini sebagai bentuk peningkatan kemampuan diri dan mendapatkan pengalaman yang berharga. Sehingga Gerakan Pramuka Kota Pekalongan dapat meningkatkan peran kegiatan bakti masyarakat (community service) dan pembangunan masyarakat (community development) sebagai wujud dari pengamalan Satya dan Darma Pramuka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *