UNIT REKSA KIRANA SEBAGAI SALAH SATU UNIT KEGIATAN DKC KOTA PEKALONGAN MASA BAKTI 2021-2025 MELAKSANAKAN KEGIATAN DIKSAR KE-I TAHUN 2021

UNIT REKSA KIRANA SEBAGAI SALAH SATU UNIT KEGIATAN DKC KOTA PEKALONGAN MASA BAKTI 2021-2025 MELAKSANAKAN KEGIATAN DIKSAR KE-I TAHUN 2021

PRAMUKA KOTA PEKALONGAN – Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang selanjutnya disingkat Dewan Kerja adalah wadah pembinaan dan pengembangan kaderisasi kepemimpinan ditingkat Kwartir yang beranggotakan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Puteri Putera, bersifat kolektif dan kolegial yang merupakan bagian integral dari Kwartir, berkedudukan sebagai badan kelengkapan Kwartir yang diberi wewenang dan kepercayaan untuk mengelola Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.

Berdasarkan ketentuan Bab XIII Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 005 Tahun 2017 tentang Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega, Dewan Kerja dalam melaksanaan fungsi dan tugas pokok dapat membentuk Sangga Kerja, Kelompok Kerja, dan/atau Unit Kegiatan dengan meminta bantuan para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dan/atau orang-orang yang dianggap ahli.

Sedangkan Dewan Kerja Cabang (DKC) Kota Pekalongan masa bakti 2021-2025 telah membentuk dan menetapkan 5 (lima) Unit Kegiatan untuk mendukung pelaksanaan fungsi dan tugas pokok Dewan Kerja Cabang, diantaranya adalah Unit Reksa Kirana. Hal ini tertuang dalam Surat Keputusan Ketua Kwarcab Kota Pekalongan Nomor 03 Tahun 2021 tentang Unit Kegiatan Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Kwartir Cabang Kota Pekalongan.

Unit Reksa Kirana merupakakan Unit Kegiatan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk menyalurkan dan mengembangkan potensi pramuka yang berminat dan berkemampuan dalam bidang kesenian yang dibentuk pertama kali pada tahun 2021 dan pertama kali juga dilaksanakannya seleksi anggota baru Angkatan I Tahun 2021, yang selanjutnya anggota baru tersebut untuk mengikuti Diksar Unit Reksa Kirana.

Pada hari ini, Minggu (20/06/2021) bertempat di Sanggar Bakti Pramuka Kota Pekalongan, dilaksanakan untuk pertama kalinya Diksar Unit Reksa Kirana Angkatan I Tahun 2021 yang diikuti oleh 12 anggota Unit Reksa Kirana. Kegiatan diksar didahului dengan Apel Pembukaan yang dipimpin oleh Kak Satriyo Budi Utomo, S.Pd. selaku Andalan Cabang urusan Binamuda Putra Kwarcab Kota Pekalongan. Pada sambutannya, Kak Satriyo Budi Utomo berpesan untuk terus menjadikan Unit Reksa Kirana sebagai tempat menyalurkan dan mengembangkan potensi pramuka yang berminat dan berkemampuan dalam bidang kesenian, sehingga dapat mendukung program kerja Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Pekalongan.

Dilain kesempatan, Kak Dimas Hersa selaku Anggota DKC Kota Pekalongan yang bertugas sebagai PJ Unit Reksa Kirana menyampaikan bahwa dengan Diksar Unit Reksa Kirana diharapkan Anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang tergabung dalam Unit Reksa Kirana mendapatkan pengalaman dan mampu meningkatkan kreativitasnya dibidang kesenian, serta yang terpenting adalah mewujudkan pramuka berbudaya yang menunjang tinggi nilai-nilai kesenian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *