42 PEMBINA PRAMUKA GUGUS DEPAN DIKUKUHKAN OLEH KETUA KWARCAB KOTA PEKALONGAN SEBAGAI PEMBINA PRAMUKA MAHIR TINGKAT LANJUTAN

42 PEMBINA PRAMUKA GUGUS DEPAN DIKUKUHKAN OLEH KETUA KWARCAB KOTA PEKALONGAN SEBAGAI PEMBINA PRAMUKA MAHIR TINGKAT LANJUTAN

PRAMUKA KOTA PEKALONGAN – Pada hari Sabtu (24 April 2021) bertempat di Sanggar Bakti Pramuka Kota Pekalongan, Kwartir Cabang Kota Pekalongan menyelenggarakan kegiatan Upacara Pengukuhan Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan dari berbagai Gugus Depan di Kota Pekalongan. Pada kesempatan ini terdapat 42 Peserta Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan yang telah mengikuti serangkaian kegiatan masa pengembangan Narakarya Lanjutan yang dilaksanakan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan Kwarcab Kota Pekalongan.

Sebelum dikukuhkan setiap peserta mengikuti masa pengembangan yang dilakukan oleh Pusdiklatcab Kwarcab Kota Pekalongan. Masa Pengembangan adalah tahapan proses setelah mengikuti kursus yang diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan untuk mendapatkan lisensi resmi Pembina Pramuka yang secara berkala diprogramkan oleh Kwartir Cabang. Masa pengembangan setelah mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) disebut Narakarya Dasar, sedangkan masa pengembangan setelah mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML) dinamakan Narakarya Lanjutan. Narakarya adalah proses yang harus diselesaikan sehingga yang bersangkutan berhak mendapat Surat Hak Bina (SHB) yang terdiri dari dua tingkatan yaitu SHB Dasar untuk lulusan KMD dan SHB Lanjutan untuk lulusan KML. SHB merupakan lisensi bagi Anggota Dewasa Gerakan Pramuka untuk dapat menjadi Pembina Pramuka serta sebagai syarat untuk dapat mengikuti jenjang kursus kepramukaan yang lebih tinggi dan untuk dapat menduduki jabatan tertentu di Gerakan Pramuka.

Setelah menempuh masa pengembangan di tiap jenjang diharapkan para peserta Narakarya Lanjutan dapat memiliki kompetensi antara lain dapat memahami Undang-Undang Gerakan Pramuka; memahami Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka; menerapkan Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan; memimpin pelaksanaan Program Pembinaan Anggota Muda dan Anggota Dewasa Gerakan Pramuka; mengelola administrasi satuan dan gugusdepan; memahami peran dan fungsi majelis pembimbing gugus depan; dan dapat membuat dan melaksanakan program tahunan gugus depan.

Selanjutnya Peserta Narakarya Lanjutan dapat mengikuti penyelenggaraan Pengukuhan Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan. Upacara pengukuhan kali ini dipimpin secara langsung oleh Ketua Kwartir Cabang Kota Pekalongan. Seluruh rangkaian upacara dilaksanakan dengan khidmat dan seluruh peserta yang telah dikukuhkan mendapatkan Surat Hak Bina, Selendang Mahir dan Pita Mahir sebagai bentuk tanda kualifikasi Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan.
Ketua Kwartir Cabang Kota Pekalongan dalam pengukuhannya berpesan bahwa tanda selendang ini bukan merupakan satu-satunya kebanggaan hasil pribadi sebagai usaha nyata, tetapi merupakan lambang dan kiasan, bahwa saudara adalah Pembina mahir yang memiliki tanggung jawab dalam mengemban pendidikan kepramukaan bagi anak-anak Indonesia yang menuntut semangat jiwa dan pengorbanan. Lidah api pada selendang ini merupakan gambaran semangat jiwa membara saudara yang tak pernah padam dalam melaksanakan pengabdian tanpa pamrih untuk mendidik, membina anak-anak dan generasi muda menuju manusia Indonesia pembangunan seutuhnya. Demikianlah jiwa seorang Pembina Pramuka untuk dapat Ikhlas Bakti Bina Bangsa Berbudi Bawah Laksana.

“Untuk itu saya ucapkan selamat berkarya dan memandu. Saya titipkan kuncup-kuncup tunas bangsa kepada saudara-saudara. Binalah…..didiklah dengan kasih sayang dan penuh kesabaran,” pesan Kak drg. Agust Marhaendayana, MM. selaku Ketua Kwartir Cabang Kota Pekalongan.

Dalam Upacara Pengukuhan Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan Kwarcab Kota Pekalongan ini dihadiri juga mendampingi yaitu Kak Drs. Soeroso, MM. selaku Wakil Ketua Kwarcab Bidang Pembinaan Anggota Dewasa, Sekretaris Kwarcab, Andalan/Pengurus Bidang Binawasa, Kepala Pusdiklatcab, Wakil Kepala Pusdiklatcab, dan seluruh jajaran Korps Pelatih Pusdiklatcab Kota Pekalongan.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *